Jabatan Sekda Provinsi Maluku Utara Kosong, Siapa yang Bakal Ditunjuk?

Kantor Gubernur Maluku Utara. (Istimewa)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Pasca dilantiknya Samsuddin Abdul Kadir sebagai Pj Gubernur Maluku Utara, maka posisi Sekda saat ini mengalami kekosongan.

Plt Kepala BKD Malut, Idwan Asbur Baha, mengatakan setelah Sekda Samsudin Abdul Kadir menjabat Pj Gubernur, pihaknya belum mendapatkan arahan terkait siapa yang nantinya mengisi jabatan tersebut.

“Posisi Sekda sekarang harus ada Plt. Untuk konfirmasi Sekdanya belum. Mungkin ini ada namanya penjabat (Pj) Sekda yang ditunjuk oleh Kemendagri melalui usulan Pj Gubernur,” jelasnya, Jumat (17/5).

Soal siapa yang layak diusulkan menjadi Plt Sekda, Idwan mengaku belum ada petunjuk.

“Mungkin satu dua hari Pj Gubernur akan panggil untuk bahas hal ini,” tuturnya.

Informasi yang diterima, jika Pj Gubernur Samsuddin Abdul Kadir telah mengembalikan Nirwan M.T Ali ke jabatan Kepala Inspektorat, maka orang yang paling menguat untuk diusulkan menjadi Plt Sekda adalah Nirwan.

Meski demikian, ada beberapa nama juga dinilai pantas untuk menduduki jabatan tersebut, salah satunya adalah Staf Ahli Gubernur Fachrudin Tukuboya.

Sementara itu, kekosongan jabatan Sekda dimintakan agar segera diisi. Akademisi Unkhair, Muamil Sunan, mengatakan bahwa untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut, maka harus ditunjuk seseorang yang memenuhi kriteria, sebab jabatan Sekda adalah eselon I.

“Karena tidak mungkin Pj gubernur merangkap Sekda. Tugas dan tanggungjaawab Sekda sangat beberbeda dengan kepala daerah. sehingga itu, Pj gubernur diharapkan segera menunjuk pejabat dalam bentuk pelaksana tugas (Plt) yang dianggap memenuhi syarat,” tuturnya.

“Sekda itu tugasnya sebagai TAPD, pembina ASN dan lain-lainnya. Maka secepatnya angkat Plt dulu,” pungkasnya. (ano/ask)