Pembukaan MTQ tingkat Provinsi Maluku Utara Ricuh, Deprov Bakal Panggil Biro Kesra

Kericuhan terjadi saat pembukaan MTQ tingkat Provinsi Maluku Utara yang berlangsung di Asrama Haji Kota Ternate.

PENAMALUT.COM, TERNATE – Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XXX tingkat Provinsi Maluku Utara tahun 2024 yang berlangsung di Asrama Haji, Kota Ternate pada Minggu (24/6) malam diwarnai kericuhan.

Kericuhan ini dipicu karena panitia MTQ yang dimotori Biro Kesra Setda Maluku Utara terkesan abai dan asal-asalan. Bagaimana tidak, tempat duduk yang disediakan terbatas. Alhasil, peserta dari Kabupaten Halmahera Barat tak kebagian tempat dan terpaksa berdiri.

Tak terima dengan hal itu, kafilah Halmahera Barat ini lantas protes kepada panitia dalam hal ini Plt Kepala Biro Kesra Setda Malut Fadli Muhammad. Adu mulut pun terjadi hingga berujung kericuhan.

Kafilah Halmahera Barat mengaku pelayan panitia MTQ tingkat provinsi kali ini sangat buruk dan terkesan asal-asalan. Bahkan sebelumnya pihaknya mengeluhkan soal tenaga medis dan obat-obatan juga tidak disediakan oleh panitia.

Anggota DPRD Maluku Utara, Ruslan Kubais. (Istimewa)

Merespons hal ini, Komisi IV DPRD Provinsi Maluku Utara akan memanggil panitia MTQ dalam hal ini Biro Kesra Setda Maluku Utara untuk mengevaluasi penyelenggaraan MTQ tersebut.

Menurutnya, sejauh ini Komisi IV belum mengetahui pasti apa permasalahan sehingga melahirkan gejolak saat pelaksanaan MTQ yang setelah dibuka.

“Yang pastinya dalam waktu dekat Komisi IV akan memonitoring pelaksanaan MTQ dan sementara berkoordinasi untuk menggelar rapat dengan Biro Kesra Maluku Utara untuk evaluasi,” ujar Anggota Komisi IV DPRD Maluku Utara, Ruslan Kubais, Selasa (25/6).

Ruslan menyebut MTQ merupakan kegiatan keagamaan dan tentunnya semua orang tidak menghendaki adanya permasalahan yang muncul yang bisa menganggu jalannya kegiatan MTQ yang sedang berjalan.

Politisi Nasdem ini juga menyesalkan terjadinya kericuhan saat pembukaan MTQ itu. Di berharap panitia lebih bijaksana dan memaksakan pelayanan selama event ini berlangsung. (udi/ask)