Uang Miliaran di Dispora Malut Diduga Bermasalah

Kadispora Malut, Ansar Daaly. (istimewa)

PENAMALUT.COM, SOFIFI – Dugaan masalah penggunaan anggaran di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemprov Maluku Utara, mulai terkuak. Nyatanya, bukan hanya dugaan penyalahgunaan Rp 1,6 miliar pada tahun 2020 yang menjadi temuan DPRD Provinsi, tetapi diduga lebih dari itu.

Tahun 2021, Dispora Pemprov Maluku Utara mengelola anggaran Rp 1,4 miliar yang bersumber dari APBN. Uang sebesar itu untuk Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP). Penggunaan anggaran sebesar itu diduga tidak jelas. Sekretaris Dispora M. Sofyan A. Mutalib mengaku tidak dilibatkan dalam pengelolaan anggaran tersebut.

Menurutnya, Kepala Dispora Ansar Daaly memonopoli semua anggaran di Dispora, sehingga Sofyan sendiri tidak tahu ke mana mengalirnya uang Rp 1,4 miliar untuk PPLP. Penggunaan anggaran di Dispora, kata Sofyan, tidak terbuka, sehingga banyak staf yang bertanya-tanya. Kepala Dispora hanya mempercayakan beberapa orang saja untuk mengelola kegiatan yang ada anggarannya.

“Setiap kegiatan tidak pernah dipublikasikan, akhirnya kegiatan PPLP dengan anggaran dari APBN sebesar Rp 1,4 miliar pun tidak jelas. Kalau ditambah dengan makan minum, maka totalnya Rp 4 miliar lebih. Uang sebesar ini anggota DPRD tidak tahu, karena pengelolaannya tertutup,” bebernya.

Sofyan mengungkapkan, pada 2021 lalu, anggaran Rp 10 miliar yang bersumber dari pokok pikiran (pokir) wakil rakyat dititip di Dispora. Anggaran sebanyak itu sudah termasuk untuk pembangunan Gor di Desa Akekolano, Oba. Pembangunan Gor belum selesai 100 persen. Kondisi yang sama terjadi pula pada kegiatan lainnya.

“Semua dimonopoli Kepala Dinas. Bahkan rapat koordinasi provinsi itu wilayah saya, menyangkut pengadaan barang dan jasa, tetapi pada akhirnya saya juga tidak tahu karena tidak dilibatkan. Di Dispora itu ada lebih dari dua bidang, tetapi Kadispora hanya fungsikan dua bidang saja, yakni bidang pemuda dan bidang pembudayaan,” jelasnya.

Menyangkut dengan anggaran Rp 1,6 miliar pada tahun 2020, yang mengelola penuh adalah Kabid Pemuda, Sansudin Marsaoly. Sedangkan Kabid kepemudaan Irvan Kabau mengelola kegiatan rapid test Rp 124 juta. “Sedangkan pembangunan lapangan voly yang harusnya menjadi kewenangan Kabid Olahraga dan Prestasi, Irfan Abdurahman, malah diberikan kepada Kabid Pembudayaan,”tutupnya. (ano/bur)

Respon (15)

  1. Ping-balik: ltobet
  2. Ping-balik: buy LSD online
  3. hi!,I really like your writing very much! percentage we keep up a correspondence more approximately your article on AOL? I need a specialist on this area to unravel my problem. Maybe that’s you! Having a look forward to peer you.

  4. Ping-balik: linked here
  5. Ping-balik: Walther Handguns
  6. Ping-balik: Beretta Guns
  7. I’ve been browsing online more than 2 hours today,
    yet I never found any interesting article like yours.
    It is pretty worth enough for me. In my view, if all site owners and bloggers made good content as
    you did, the web will be a lot more useful than ever before.

  8. A lot of thanks for your own efforts on this web page. Gloria really loves getting into research and it is easy to understand why. All of us know all about the powerful manner you make efficient secrets through this website and as well as inspire participation from other individuals about this area of interest while our child is really learning a lot. Have fun with the rest of the year. You’re performing a tremendous job.

  9. Hi my loved one! I wish to say that this post is amazing, great written and include almost all important infos. I would like to see more posts like this .

  10. My partner and I stumbled over here different page and thought I may as well check things out. I like what I see so now i am following you. Look forward to going over your web page for a second time.

  11. Howdy would you mind letting me know which webhost you’re utilizing? I’ve loaded your blog in 3 completely different web browsers and I must say this blog loads a lot faster then most. Can you suggest a good internet hosting provider at a fair price? Thank you, I appreciate it!

Komentar ditutup.