DLH: Tumpahan Minyak di Laut Jambula Lewat Selang Minyak yang Retak

Tim investigasi saat mengangkat pipa Pertamina ke bibir pantai. (Warga for NMG)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Tumpahan bahan bakar minyak (BBM) jenis Solar dan Pertalite di laut Kelurahan Jambula, Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate, pada 6 April 2022 lalu diduga berasal dari bocornya pipa minyak milik PT. Pertamina Fuel Terminal Ternate.

Ini terungkap setelah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Maluku Utara melakukan investigasi selama kurang lebih selama satu bulan.

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup DLH Malut, Yusrah Hi. Noho mengungkapkan, usai dari tumpahan minyak itu terjadi, pihaknya bersama DLH Kota Ternate melakukan inspeksi ke lokasi dan mendapatkan adanya tumpahan minyak yang notabanenya lewat selang minyak di dalam laut yang retak, sehingga minyak keluar melalui keretakan selang tersebut.

Namun demikian, untuk memastikan terjadinya pencemaran laut atau tidak akibat tumpahan minyak itu, DLH Malut sudah mengambil beberapa sampel untuk di uji ke Laboratorium Sukufindo di Makssar.

Ada tiga sampel yang diambil untuk diuji ke laboratorium Sukufindo, yakni kualitas air, sedimen dan biota perairan. Ketiga sampel yang di ambil ini dijadikan parameter yang kuat untuk memastikan terjadinya pencemeran atau tidak.

Namun karena pengambilan sampel ini harus orang yang berseritifikasi, maka pihaknya juga melibatkan tenaga ahli laboratorium dari Sukufindo untuk sama-sama turun mengambil sampel.

“Kalau misalnya ini lari ke ranah hukum lalu dipertanyakan siapa yang melakukan pengambilan sampel, maka dipertanyakan siapa yang lakukan pengambilan sampel dan punya sertifikasi pengambilan sampel atau tidak. Itu yang membuat kita harus berkoordinasi dengan pihak laboratorium,’’ jelasnya kepada wartwan Nuansa Media Grup (NMG), Minggu (15/5).

Namun demikian, lanjut Yusrah, ada tiga parameter lain yang tidak bisa di uji di Laboratorium Sukufindo, sehingga dikirim ke Laboratorium Cibitung di Bogor. Ia juga memastikan bahwa pekan depan hasil pengujian sampel di dua laboratorim ini akan keluar dan diumumkan ke publik.

“Nanti sudah keluar, akan kita umumkan hasilnya,’’ pungkasnya.

Sementara informasi yang dihimpun wartawan NMG, hasil uji sampel DLH Kota Ternate yang dikirim ke salah satu laboratorium di Manado, Sulawesi Utara, sudah keluar. Namun hasil tersebut belum diumumkan.

Kepala Dinas DLH Kota Ternate, Tony S. Ponto saat dikonfirmasi secara terpisah melalui pesan Whatsaap, tidak merespon hingga berita ini ditayangkan. (tox/ask)

Respon (12)

  1. Ping-balik: altogel login
  2. Ping-balik: Singapore Hotel
  3. I have to show my appreciation to this writer for bailing me out of such a situation. Just after surfing around throughout the internet and meeting tips that were not powerful, I was thinking my entire life was well over. Living devoid of the answers to the difficulties you’ve fixed by way of this blog post is a crucial case, and the kind that might have in a negative way damaged my career if I had not noticed the website. Your own personal training and kindness in taking care of all the details was invaluable. I am not sure what I would’ve done if I hadn’t encountered such a thing like this. I can at this time look forward to my future. Thank you very much for this expert and amazing guide. I won’t think twice to refer your web sites to any individual who should have support about this topic.

  4. I’m really enjoying the design and layout of your website. It’s a very easy on the eyes which makes it much more pleasant for me to come here and visit more often. Did you hire out a developer to create your theme? Fantastic work!

Komentar ditutup.