Diduga Lakukan Ancaman, Ketua Panitia Pilkades Tuada Dilaporkan ke Polres Halbar

Kuasa hukum korban saat memasukkan laporan di Polres Halbar

PENAMALUT.COM, JAILOLO – Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tuada, Kecamatan Jailolo, Faisal D. Sidik dilaporkan ke Polres Halmahera Barat, Senin (12/9).

Faisal dilaporkan lantaran diduga melakukan tindak pidana ancaman kekerasan dan menakut-nakuti, serta menghalangi-halangi korban atas nama Maslan Adam dan Riswan B. Aba agar tidak menyalurkan hak pilihanya pada Pilkades di Desa Tuada.

Hairun Rizal, sebagai kuasa hukum Maslan Adam dan Riswan B Aba mengatakan, ada dua laporan yang diserahkan ke Polres Halbar untuk ditindaklanjuti. Pertama, berkaitan dengan Pasal 29, yaitu setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mengirimkan informasi elektronik dan atau dokumen elektronik yang berisi ancaman dan kekerasan atau menakut-nakuti yang ditujukan secara pribadi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 29, dipidana dengan pidana penjara paling lambat 4 tahun dan atau denda paling banyak Rp 750.000.000.

“Karena ada pesan via WhatsApp dari saudara Faisal D Sidik selaku Ketua Panitia Pilkades Tuada yang ditujukan kepada kedua klien saya apabila keduanya datang memberikan hak suara pada saat pencoblosan tanggal 22 Agustus 2022 lalu, maka yang bersangkutan ditolak oleh masyarakat. Sehingga itu tidak usah datang mencoblos,” kata Hairun dalam konferensi pers di Hotel D’Hoek, Desa Hatebicara, Senin (12/9).

Kedua, lanjut dia, pada saat Riswan B. Aba bersama-sama dengan lima orang yang datang hendak mencoblos, tetapi kemudian terjadi perdebatan panjang di tempat pemungutan suara.

Mereka dibentak sambil memukul meja dan tidak diizinkan menggunakan hak pilihnya.

“Karena mereka merasa terancam, sehingga tidak dapat menggunakan hak pilihnya. Terhadap laporan itu, kami sudah sampikan ke Polres Halbar, dan selanjutnya menunggu arahan Kapolres untuk bisa ditindaklanjuti ke bagian Reskrim,” terangnya.

Ia berharap laporan yang sudah diserahkan dapat ditindaklanjuti oleh Kapolres. Pihaknya akan terus melakukan pengawalan.

“Kita akan berkoordinasi dengan teman-teman di penyidik Polres Halbar terkait dengan bagaimana perkembangan dan sudah sejauh mana penanganan perkara ini, akan kita lakukan pengawalan secara intens hingga kasus ini tuntas,” tegasnya. (uum/tan)

Respon (10)

  1. Ping-balik: sitecom
  2. Ping-balik: Biladd Alrafidain
  3. I’d have to examine with you here. Which is not one thing I usually do! I take pleasure in reading a post that may make folks think. Additionally, thanks for permitting me to comment!

  4. Somebody essentially assist to make significantly posts I’d state. That is the first time I frequented your web page and up to now? I surprised with the analysis you made to make this actual put up amazing. Excellent task!

  5. Im not sure the place you are getting your info, but great topic. I needs to spend some time studying much more or understanding more. Thanks for fantastic info I used to be searching for this information for my mission.

Komentar ditutup.