Tersangka Dugaan Korupsi Anggaran Perusda Ternate Bertambah, Satu Lagi Mantan Direktur Ditahan

Tersangka (rompi oranye) saat digiring keluar dari ruang penyidik Kejati Malut. (Aksal/NMG)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku Utara kembali menahan satu mantan Direktur Perusda Ternate Bahari Berkesan (TBB) tahun 2015-2016, TW alias Temi, terkait dugaan korupsi penyertaan modal.

Amatan wartawan Nuansa Media Grup (NMG) di lapangan, tersangka Temi digiring keluar ruangan tim penyidik menuju ke mobil tahanan sekira pukul 18.22 WIT, Rabu (27/10) sore tadi.

Kasi Penkum Kejati Malut, Richard Sinaga, dikonfirmasi secara terpisah membenarkan penahanan tersangka TW.

“Benar tersangka TW (Temi) hari ini ditahan oleh tim penyidik,” ungkapnya.

Menurut dia, tersangka Perusda yang sudah ditahan menjadi dua orang, setelah sebelummya pihaknya juga telah menahan satu tersangka. Penahanan ini dilakukan selama 20 hari ke depan di Rutan Kelas IIB Ternate.

“Tersangka ditahan jangan sampai melarikan diri atau mengulangi perbuatannya. Untuk yang lain nanti kita lihat berdasarkan penyidikan lebih lanjut,” jelasnya.

Sebelumnya pada Selasa (18/10) lalu, Kejati Malut telah melakukan penahanan terhadap tersangkan IE alias Ichsan Effendi selaku mantan Holding Company Ternate Bahari Berkesan.

Tersangka Ichsan ditahan berdasarkan surat perintah penahanan Nomor: PRINT-1806/Q.2/Fd.1/10/2022 tanggal 18 Oktober 2022.

Dalam kasus ini, berdasarkan perhitungan kerugian keuangan negara dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Malut senilai Rp 7 miliar lebih dari total anggaram tahun 2015 sampai 2019.

Selain Temi dan Ichsan, informasinya tersangka Perusda akan bertambah. Namun Kejati masih merahasiakannya. (gon/ask)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *