Bawaslu Ternate Minta Seluruh Stakeholder Awasi Tahapan Pemilu dan Pilkada

Ketua Bawaslu Kota Ternate, Kifli Sahlan. (Istimewa)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Ternate mengajak kepada semua stakeholder untuk sama-sama melakukan pengawasan pemilihan umum (Pemilu) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di tahun 2024 mendatang.

Ketua Bawaslu Ternate, Kifli Sahlan mengatakan, setelah dikeluarkan atau diundangkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 3 tahun 2022 tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan tahun 2024 mendatang. Dalam peraturan KPU Nomor 3 tahun 2022 itu menyebutkan tahapan dimulai sejak 14 Juni 2022 sampai dengan tahapan Pemilu itu selesai.

“Kami diintruksikan melalui apel pengawasan serentak di seluruh Indonesia yang dipimpin langsung oleh Ketua dan pimpinan Bawaslu RI,” ujarnya kepada wartawan Nuansa Media Grup (NMG), Selasa (14/6) tadi.

Apel pengawasan ini, lanjut dia, mengarahkan kepada seluruh jajaran untuk menyiapkan diri melaksanakan tugas dan kewajiban sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan.

“Dalam waktu dekat kesiapan yang akan kami lakukan adalah bagaimana melakukan penguatan internal jajaran dan kelembagaan. Penguatan itu dalam rangka menghadapi seluruh rangkaian tahapan di mana sudah diatur dalam Peraturan KPU Nomor 3 tahun 2022,” katanya.

Menurutnya, karena tahapan Pemilu sudah mulai terhitung hari ini Selasa 14 Juni 2022, maka Bawaslu Kota Ternate akan bekerja keras serta melakukan sinergitas bersama semua pihak, baik pemerintah, organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan.

Sinergitas itu dilakukan untuk turut serta dan ikut berandil dalam melakukan proses-proses pengawasan dalam Pemilu dan Pilkada serentak pada 2024.

Pihaknya sejauh ini belum ada kendala apa-apa. Hanya saja, sementara menunggu peraturan Bawaslu dan petunjuk teknis pelaksanaan lainnya yang akan dikeluarkan oleh pimpinan Bawaslu RI.

“Tadi apel serentak sesuai arahan yang disampaikan oleh pak Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja menegaskan bahwa kita harus siap melaksanakan tugas-tugas pengawasan dan penanganan pelanggaran terkait dengan Pemilu dan Pilkada 2024 yang dilaksanakan secara serentak,” tuturnya. (gon/ask)

Respon (224)

  1. Have you ever thought about adding a little bit more than just your articles? I mean, what you say is important and everything. But imagine if you added some great photos or video clips to give your posts more, “pop”! Your content is excellent but with images and clips, this blog could certainly be one of the best in its niche. Terrific blog!

  2. Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though you relied on the video to make your point. You obviously know what youre talking about, why waste your intelligence on just posting videos to your blog when you could be giving us something enlightening to read?

  3. I love your blog.. very nice colors & theme. Did you create this website yourself? Plz reply back as I’m looking to create my own blog and would like to know wheere u got this from. thanks

  4. You are my inhalation, I have few web logs and infrequently run out from post :). “Fiat justitia et pereat mundus.Let justice be done, though the world perish.” by Ferdinand I.

Komentar ditutup.