MAJANG  

Aktivitas Penimbunan di Kelurahan Fitu Diduga tak Berizin

Penimbunan lahan di Kelurahan Fitu. (Udy/NMG)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Pekerjaan penimbunan lahan warga di Kelurahan Fitu, Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate diduga tidak memiliki izin.

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Ternate, Syarif Tjan mengatakan, sejak kemarin pihaknya sudah turun ke lapangan dan melihat langsung proses penimbunan di Kelurahan Fitu itu tidak memiliki izin kegiatan.

“Jadi tidak memiliki izin operasi ini bakal berpengaruh pada hilangnya resapan air,” ujarnya kepada wartawan Nuansa Media Grup (NMG), Rabu (16/3) kemarin.

Pihaknya baru sebatas melayangkan surat panggilan kepada pihak pengusaha yang melakukan penimbunan itu untuk melengkapi dokumen agar, kondisi lingkungan terjaga dalam kegiatan tersebut.

Syarif bilang, jika mereka mau buat perumahan, harus dilengkapi dokumen izin. Tidak serta merta mereka timbun begitu saja di atas lahan sekitar 2 hektar ini.

“Jika mereka masih saja beroperasi, kita akan hentikan. Dan harus pengurusan dokumen izin kegiatan penimbunan dilengkapi,” tegasnya.

Informasi yang dihimpun wartawan, lokasi penimbunan ini nantinya dibangun perumahan. Pekerjaan ini sudah dimulai tiga minggu.

Akibat dari penimbunan ini, aktivitas jalan raya sangat terganggu bagi pengendara roda dua dan roda empat. Bahkan satu orang mahasiswa mengalami kecelakaan.

Sementara pemilik kebun yang enggan disebut namanya mengatakan, ia pernah melakukan pertemuan dengan pihak pengusaha, tetapi hasil pertemuan itu tidak ada ganti rugi.

“Tidak ada ganti rugi,” tuturnya.

Dikatakannya, lahan yang ditanami kangkung dan daun pandan itu sudah sejak lama. Namun perusahaan yang diketahui milik keluarga Daeng Barang itu datang dan melakukan penimbunan.

“Kalau cerita tentang lahan ini sangat panjang, karena yang tahu benar adalah orang tua-tua sebelumnya. Sehingga kami menolak pun kewalahan, karena ini panjang ceritanya. Entah sudah ada kesepakatan dengan pemerintah kelurahan bersama pihak pengusaha, kami juga tidak tahu,” katanya.

Pihaknya sangat bergantung pada tanaman bulanan itu, apalagi sudah mau dekat Ramadhan dan kebutuhan rumah tangga.

“Mau bagaimana lagi, kami tidak punya kekuatan melawan,” ucapnya dengan nada sedih. (udy/ask)

Respon (12)

  1. Hello there! Would you mind if I share your blog with my myspace group?
    There’s a lot of folks that I think would really appreciate your content.
    Please let me know. Cheers

  2. Thank you a lot for sharing this with all of us you really recognize what you are
    speaking about! Bookmarked. Kindly additionally visit my site =).
    We could have a hyperlink alternate arrangement among us

  3. Greetings! I know this is kinda off topic however , I’d figured I’d
    ask. Would you be interested in exchanging links
    or maybe guest writing a blog post or vice-versa?

    My website discusses a lot of the same topics as yours and I feel we could greatly benefit from each other.
    If you are interested feel free to send me an e-mail. I look forward to hearing from
    you! Terrific blog by the way!

  4. Ping-balik: 뉴토끼
  5. Hello! Someone in my Myspace group shared this website with us so I came to check it out. I’m definitely enjoying the information. I’m bookmarking and will be tweeting this to my followers! Exceptional blog and outstanding style and design.

Komentar ditutup.